Home » » Cara Memencet Jerawat dengan Aman dan Benar

Cara Memencet Jerawat dengan Aman dan Benar

Written By Unknown on Selasa, 13 Agustus 2013 | 08.12

Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang, baik pria maupun wanita. Jerawat akan sangat menganggu, terlebih lagi jika jerawat tersebut begitu menonjol. Anda mungkin pernah mempunyai masalah dengan jerawat dan pasti akan kalang kabut bila jerawat tersebut tak kunjung hilang, padahal anda akan menghadiri suatu acara dan harus tampil percaya diri dihadapan semua orang. Sangat memalukan bukan? Tapi anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara memencet jerawat yang bisa membantu anda menghilangkan jerawat yang menganggu. Berikut adalah cara aman dan benar untuk memencet jerawat :

cara memencet jerawat
cara memencet jerawat


 Cara memencet jerawat yang benar


1.     Bilas muka anda dengan air hangat
Hal ini bertujuan agar pori-pori muka terbuka.Air dengan suhu hangat hangat kuku akan sedikit membuat pori pori wajah anda terbuka,hal ini bertujuan agar jerawat lebih mudah keluar dan tidak meninggalkan bekas luka yang berpotensi mengalami peradangan kemudian infeksi.
2.     Bersihkan tangan anda
Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang mengandung banyak kotoran. Oleh karena itu, membersihkan tangan adalah hal yang penting sebelum anda memencet jerawat,agar jerawat anda tidak terkena bakteri berbahaya dari tangan anda.Walaupun tidak langsung menggunakan tangan dalam praktek memencet jerawat.Melainkan gunakan tissue atau kain yang steril untuk memencet jerawat anda.
3.     Bersihkan jerawat dengan alkohol
Setelah anda mengeluarkan isi jerawat anda usapkan alkohol.Hal ini agar area sekitar jerawat anda bersih dan bebas kuman sehingga tidak akan menimbulkan infeksi ataupun luka akibat dari anda memencetnya.
4.     Gunakan Ekstrator Komedo (untuk jerawat bernanah)
Anda harus menggunakan alat khusus yang disebut ekstrator komedo. Alat ini mempunyai lubang yang pas untuk menekan jerawat. Pastikan semua nanah jerawat anda keluar dan bersihkanlah. Anda bisa mendapatkan alat ini di toko kecantikan ataupun toko obat.Ingat cuci dengan air panas dulu sebelum dan sesudah memakainya,agar alat anda senantiasa steril dari kuman.
5.     Pencet secara perlahan (untuk jerawat batu)
Carilah ‘mata’ jerawat batu di wajah anda. Kemudian pencet bagian tepinya dan urutlah secara perlahan jerawat tersebut hingga seluruh isinya keluar.Lakukan dengan sangat perlahan sekali jangan dipaksa jika memang masih belum saatnya anda memencet jerawat anda.
6.     Jangan pernah menyentuh Jerawat Anda dengan tangan langsung
Untuk jerawat bernanah dan jerawat batu yang telah berhasil di keluarkan, jangan pernah menyetuhnya dengan tangan anda. Usaplah jerawat tersebut dengan tissue maupun kain pembersih.Memang terkadang kita merasa tidak sabar tapi jangan sekali kali anda melakukannya.
7.     Oleskanlah Produk Antibakteri
Oleskan produk antibakteri seperti toner, purifying lotion, dan sebagainya agar bekas jerawat anda kempes.Dan tidak berisiko mengalami infeksi dan meradang.

Teknik memencet jerawat diatas hanya boleh dilakukan jika memang benar benar kepepet,Tidak disarankan untuk selalu melakukannya karena memang mempunyai resiko peradangan dan infeksi jika kita teledor dalam melaksanakannya atau ada salah satu alat kita yang kurang steril.

Itulah beberapa cara memencet jerawat secara aman dan benar yang bisa anda aplikasikan. Mulai sekarang, anda tak perlu khawatir dengan jerawat yang menyerang anda.Jika ada masukan atau saran maupun kritik silahkan anda isi kolom komentar dibawah untuk kita diskusikan bersama.

Baca juga artikel lainnya

2 komentar:

  1. informatif sekali infonya mas...skrang sya sudah gak perlu takut untuk memencet jerawat..

    BalasHapus